.....MENGUPAS KERAGAMAN WACANA MASAKINI........

Sabtu, 04 Desember 2010

محرمات استهان بهاالناس

DOSA-DOSA YANG DIANGGAP BIASA
Compoiled by H. Ayat Ruhiyat 08 01 154

(Season 1)

MENGINJAK, DUDUK DAN BUANG AIR DI KUBURAN
Abu Hurairah RA berkata, Rosulullah SAW bersabda :
ِلأَنْ يَجْلِسَ أَحَدُكُمْ عَلَى جَمْرَةٍ فَتَحْرِقُ ثِيَابَهُ فَتَخْلُصُ إِلَى جِلْدِهِ خَيْرٌلَهُ مِنْ أَنْ يَجْلِسَ عَلىَ قَبْرٍ (رواه مسلم )
Artinya : seseorang dari kalian duduk diatas bara api sehingga terbakar bajunya hingga sampai ke kulitnya lebih baik baginya daripada duduk diatas kuburan (HR Muslim:2/667)
       Ketika mengubur mayit,sebagian orang ada yang tak mengindahkan jalan yang mesti dilaluinya, sehingga di sana sini menginjak kuburan,bahkan terkadang dengan sepatu atau sandal mereka ,tanpa sedikitpun rasa hormat kepada yang sudah meninggal. Tentang besarnya persoalan ini,Rasulullah SAW bersabda :
ِلأَنْ أَْمْشِيَ عَلَى جَمْرَةٍ أَوْ سَيْفٍ أَخْصِفَ نَعْلِىْ بِرِجْلِىْ أَحَبُّ إِلَيَّ مِنْ أَنْ أَمْشِىَ عَلىَ قَبْرٍ مُسْلِمٍ
 (رواه ابن ماجه)
Artinya : Berjalan diatas bara api atau pedang atau menambal sepatu dengan kakiku sendiri, lebih aku sukai daripada aku berjalan diatas kuburan seorang muslim (HR Ibnu Majah 1l499 dalam Shahihul Jami :5038
           Lalu,bagaimana dengan orang yang menguasai tanah kuburan kemudian diatasnya dibangun pusat perbelanjaan atau perumahan elit? Na udzubilah.
Sebagian orang yang tidak memiliki Itikad baik apabila ingin membuang air besar ia pergi ke kuburan kemudian buang air di atasnya sehingga mengganggu orang-orang meninggal dengan najis dan bau busuknya.
Nabi SAW bersabda :
وَمَا أُباَلِيْ أَوَسْطُ الْقَبْرِ قَضَيْتُ حاَجَتِىْ أَوْ وَسْطُ السُّوْقِ (رواه ابن ماجه)
Artinya : Dan aku tidak peduli, apakah aku buang air besar di tengah kuburan atau di tengah pasar  (HR Ibnu Majah,1l499, Dalam Shahihul Jami 5038)
            Artinya, keburukan buang air di kuburan sama dengan buruknya membuka aurat dan buang air besar di tengah-tengah orang banyak di dalam pasar. Orang yang suka melemparkan kotoran dan sampah ke komplek kuburan, terutama kuburan-kuburan yang terpencil dan dindingnya mulai runtuh mereka akan mendapat bagian dari ancaman tersebut, Diantara adab yang perlu diperhatikan dalam ziarah kubur adalah melepas sandal dan sepatu saat ingin berjalan diantara sela-sela kuburan.
Bersambung………….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar